Sabtu, 26 Mei 2012

Komponen Konsep Diri

1. Diri Ideal (Self Ideal)
      Diri ideal menentukan sebagian besar arah hidup kita. Diri ideal menentukan arah perkembangan diri dan pertumbuhan karakter serta kepribadian. Diri ideal merupakan gabungan dari semua kualitas dan ciri kepribadian orang yang sangat anda kagumi. Diri ideal merupakan gambaran dari sosok seseorang yang sangat anda inginkan jika anda bisa menjadi seperti orang itu.

2. Citra Diri (Self Image)
      Citra diri adalah cara anda melihat diri anda sendiri dan berpikir mengenai diri anda sekarang/saat ini. Citra diri sering juga disebut "cermin diri". Anda akan senantiasa melihat ke dalam cermin ini untuk mengetahui bagaimana anda harus bertindak atau berlaku pada suatu keadaan tertentu. Anda akan selalu bertindak dan bersikap sesuai dengan gambar yang muncul pada cermin diri anda.

3. Harga Diri (Self Esteem) 
     Harga diri merupakan komponen yang bersifat emosional dan merupakan komponen yang paling penting dalam menentukan sikap dan kepribadian kita. Harga diri merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan hidup. Harga diri dapat didefinisikan sebagai seberapa suka anda terhadap diri anda sendiri. Semakin anda menyukai diri anda, menerima diri anda, dan hormat pada diri anda sendiri sebagai seorang yang berharga dan bermakna, semakin tinggi harga diri anda. Semakin anda akan merasa sebagai manusia yang berharga, anda akan semakin positif dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar